Design of Experiment

June 29, 2008 at 7:11 pm 2 comments

Pengertian Perancangan Eksperimen

Desain eksperimen adalah suatu rancangan percobaan (dengan setiap langkah tindakan yang betul-betul terdefinisikan) sedemikian rupa sehingga informasi yang berhubungan dengan/atau diperlukan untuk persoalan yang sedang diteliti dapat dikumpulkan. Selain itu desain eksperimen didefinisikan sebagai suatu pengujian atau serangkaian pengujian yang bertujuan untuk melakukan perubahan terhadap variabel-variabel input dari proses atau sistem sehingga dapat meneliti dan mengidentifikasi sebab perubahan dari output.

Keuntungan Perancangan Eksperimen

Beberapa keuntungan melakukan perancangan eksperimen antara lain adalah:

  • Perancangan eksperimen dapat digunakan dalam mengidentifikasi kunci keputusan tidak hanya dalam pengendalian proses tetapi juga untuk peningkatan atau perbaikan proses.
  • Pada pengembangan proses baru di mana data historis tidak tersedia, perancangan eksperimen digunakan pada fase pengembangan karena dapat menunjukkan faktor-faktor yang penting yang akan memaksimumkan hasil dan mengurangi biaya secara keseluruhan.
  • Perancangan eksperimen dapat membantu mengurangi lead time antara desain dan manufacturing dan menghasilkan desain yang robust (kokoh) terhadap faktor-faktor yang tidak terkontrol.

Pelaksana Proses Perancangan Eksperimen

Tabel berikut ini menunjukkan pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap berjalannya proses perancangan eksperimen, tugas masing-masing pihak, dan tanggung jawabnya.

Tabel 1. Pihak dalam Proses Perancangan Eksperimen

Tugas-Tugas Task Aid Penanggung Jawab
Menentukan permasalahan QFD (Quality Function Deployment), kegagalan percobaan, produk bergaransi, produk rusak, analisis pareto. Ahli proses produksi
Menentukan tujuan Kebutuhan konsumen, hasil benchmarking produk pesaing.
Menentukan karakteristik-karakteristik kualitas dan sistem pengukurannya. Analisis kemampu ulangan dan kemampu tiruan Gauge.
Menentukan faktor-faktor ,interaksinya, faktor kontrol dan faktor pengganggu Diagram tulang ikan, SPC, diagram alir.
Menentukan level untuk tiap-tiap faktor. Batas spesifikasi, batas operasional.
Menentukan orthogonal array Tabel pemilihan OA D-1 dan D-2, OA kosong. Ahli perancangan eksperimen
Menambahkan faktor-faktor dan interaksi pada orthogonal array Tabel penugasan D-3, D-4; tabel interaksi; aturan modifikasi OA.
Melakukan percobaan Piranti lunak komputer, lembar data percobaan, rencana acak. Ahli proses produksi dan Ahli perancangan eksperimen
Menganalisa dan menginterpretasikan data ANOVA, piranti lunak komputer, metode observasi, plotting, ranking. Ahli perancangan eksperimen
Melakukan verifikasi Memperkirakan diagram alir percobaan verifikasi. Ahli proses produksi dan Ahli perancangan eksperimen

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , .

Quality Function Deployment (QFD) Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ)

2 Comments Add your own

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2008
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Jumlah visitor:

  • 728,374 orang